Jumat, 16 Maret 2012

TUGAS RPP MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN


Muh. Iqbal Heryanto
RENCANA PEMBELAJARAN BERBASIS CTL

Sekolah                       :   SMPN 2 KOLAKA
Mata Pelajaran          :   MATEMATIKA
Kelas/Semester           :   VIII/II
Alokasi Waktu            :   1 PERTEMUAN (2 X 40 MENIT)



A.    Standar Kompetensi       :      Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
B.     Kompetensi Dasar          :      Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
1.      Siswa dapat Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
2.      Siswa dapat Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
3.      Siswa dapat Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
4.      Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

D.     Materi Pelajaran        :           Perbandingan yaitu  Mengenal perbandingan, Mengenal skala, Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala, Mengenal perbandingan senilai, Mengenal perbandingan berbalik nilai, Memecahkan masalah perbandingan,
E.     Alat dan Sumber belajar :
a.       Sumber :
                                                              i.      Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII , karangan Mujiyono dan Endang Retno Wulan hal. 161-172.
                                                            ii.      Buku referensi lain.
b.      Alat :
                                                              i.      Lembar kerja siswa.
                                                            ii.      Laptop.
                                                          iii.      LCD.
                                                          iv.      OHP.

F.      Model Pembelajaran: Model pembelajaran Problem-Based Instruction, Model pembelajaran Group Investigation, dan Model Pembelajaran Pemberian tugas.

Kegiatan Pembelajaran

Tahap Pembelajaran
Kegiatn Awal :
-          Menyampaikan tujuan Pembelajaran.
-          Memotivasi Siswa melalui media video motivasi..
Kegiatan Inti
-          Siswa diberikan stimulus berupa permasalahan apa-apa yang disiapkan jika kita akan membuat sebuah pesta ulang tahun.
-          Siswa diantar ke permasalahan penyiapan pesta contoh uang, atau sirup yang terkait denga perbandingan dan lain-lain.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab atau menyelesaikan pertanyaan.
-          Lalu siswa dibagi dalam kelompok-kelompok.
-    Siswa yang berkumpul berdasarkan kelompok-kelompoknya diberikan lembar kerja yang berisi lembar kerja melalui media proyektor dan daftar harga barang yang diperlukan yang telah disiapkan oleh guru dan tak lupa diberikan kertas untuk t4 hasil kerja yang akan dipersentasekan didepan kelas.
-      Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan langkah-langkah yang terdapat di proyektor dan menulis hasil kerja mereka dalam kertas yang telah disiapkan.
-          Kelompok Siswa yang kelihatan kesulitan dibimbing dan dibantu oleh guru.
-          Masing-masing kelompok mempersentasekan hasil kerja mereka.
-   Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan tanggapan, pertanyaan, dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan.
-          Menganilisis dan mengevaluasi pemecahan masalah.
Kegiatan Penutup
-          Menanyakan apa yang mereka telah pelajari hari ini, berhubungan dengan mata pelajaran yan lain
-          Guru menanyakan kesan dan pesan setelah belajar hari ini.
-          Siswa dan guru melakukan refleksi.
-          Guru memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok sesuai dengan keunggulannya.
-          Guru memberikan tugas melalui media proyektor.


Di buat Oleh Muh. Iqbal Heryanto (Ketua HMPS MTM USN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar