Muh. Iqbal Heryanto |
RENCANA
PEMBELAJARAN BERBASIS CTL
Sekolah : SMPN 2 KOLAKA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VIII/II
Alokasi Waktu : 1 PERTEMUAN (2 X 40 MENIT)
A. Standar
Kompetensi : Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan
perbandingan dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi Dasar : Menggunakan perbandingan
untuk pemecahan masalah
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
1.
Siswa dapat Menjelaskan pengertian
skala sebagai suatu perbandingan.
2.
Siswa dapat Menghitung faktor
perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
3.
Siswa dapat Memberikan contoh masalah
sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
4.
Menyelesaikan soal yang
melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
D.
Materi Pelajaran : Perbandingan yaitu Mengenal perbandingan, Mengenal skala, Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar
berskala, Mengenal perbandingan
senilai, Mengenal perbandingan
berbalik nilai, Memecahkan masalah
perbandingan,
E. Alat dan Sumber belajar :
a.
Sumber :
i.
Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas
VIII , karangan Mujiyono dan Endang Retno Wulan hal. 161-172.
ii.
Buku referensi lain.
b.
Alat :
i.
Lembar kerja siswa.
ii.
Laptop.
iii.
LCD.
iv.
OHP.
F. Model
Pembelajaran: Model
pembelajaran Problem-Based Instruction, Model pembelajaran Group Investigation,
dan Model Pembelajaran Pemberian tugas.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Pembelajaran
|
|
Kegiatn
Awal :
-
Menyampaikan tujuan Pembelajaran.
-
Memotivasi Siswa melalui media video motivasi..
Kegiatan
Inti
-
Siswa diberikan stimulus berupa permasalahan
apa-apa yang disiapkan jika kita akan membuat sebuah pesta ulang tahun.
-
Siswa diantar ke permasalahan penyiapan pesta contoh
uang, atau sirup yang terkait denga perbandingan dan lain-lain.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab atau
menyelesaikan pertanyaan.
-
Lalu siswa dibagi dalam kelompok-kelompok.
- Siswa yang berkumpul berdasarkan kelompok-kelompoknya
diberikan lembar kerja yang berisi lembar kerja melalui media proyektor dan
daftar harga barang yang diperlukan yang telah disiapkan oleh guru dan tak
lupa diberikan kertas untuk t4 hasil kerja yang akan dipersentasekan didepan
kelas.
- Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan
langkah-langkah yang terdapat di proyektor dan menulis hasil kerja mereka dalam
kertas yang telah disiapkan.
-
Kelompok Siswa yang kelihatan kesulitan dibimbing dan
dibantu oleh guru.
-
Masing-masing kelompok mempersentasekan hasil kerja
mereka.
- Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan tanggapan,
pertanyaan, dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan.
-
Menganilisis dan mengevaluasi pemecahan masalah.
Kegiatan
Penutup
-
Menanyakan apa yang mereka telah pelajari hari ini,
berhubungan dengan mata pelajaran yan lain
-
Guru menanyakan kesan dan pesan setelah belajar hari
ini.
-
Siswa dan guru melakukan refleksi.
-
Guru memberikan penghargaan kepada masing-masing
kelompok sesuai dengan keunggulannya.
-
Guru memberikan tugas melalui media proyektor.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar